Selamat berselancar... Toko Komputer Online di Palembang (Baru, Bekas)...!! Crated: Nugraha Praditya (Nugie)...

Minggu, 02 Oktober 2011

Real Count PPK, Pahri-Beni Unggul

SEKAYU – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Muba merilis sejumlah perhitungan sementara (real count) di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Muba.

Hasilnya, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Muba nomor urut 3,Pahri Azhari-Beni Hernedi,unggul di sembilan kecamatan dari 14 kecamatan, yakni Babat Toman, Lawang Wetan, Sanga Desa, Plakat Tinggi, Batang Hari Leko, Sungai Lilin, Babat Supat,Tungkal Jaya,dan Bayung Lencir. Sedangkan, saingan terberatnya, yakni pasangan calon nomor urut 1, Dodi Reza Alex- Islan Hanura, unggul di lima kecamatan, yakni Sekayu, Sungai Keruh,Lalan,Lais,dan Keluang.

Untuk perolehan akhir sementara, pasangan Pahri- Beni memperoleh 51,28% diikuti Dodi-Islan 45,61% dan Sulgani- Sujari 3,11% (lihat tabel). Ketua KPUD Muba Khadafi melalui Sekretaris Jhoni Martohonan mengatakan,jika mengacu pada tahapan pilkada yang diselenggarakan KPUD Muba, PPK diberi waktu tiga hari untuk menyelesaikan rekapitulasi suara dari Panitia Pemungut Suara (PPS) di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS), yakni 29 September–1 Oktober 2011. Namun,sehari lalu,PPK sudah menyelesaikan rekapitulasi dan menyerahkan hasilnya kepada KPU Muba.

“Hasil rekap keseluruhan sudah serahkan KPUD, tapi masih belum untuk kecamatan Sekayu.Data yang diambil baru sementara,” tandasnya. Menurut Jhoni, tahapan selanjutnya, rekapitulasi perhitungan suara akan dilakukan di tingkat KPU pada 2–4 Oktober. Setelah rekapitulasi selesai, dijadwalkan pada 5–7 Oktober, KPU Muba menetapkan hasil akhir. Meski secara resmi hasil final Pilkada Muba baru akan diumumkan KPU Muba paling lambat 7 Oktober, melihat catatan hasil rekap suara di PPK,bisa dipastikan pasangan Pahri-Beni meraih suara terbanyak.

Sementara itu, ratusan masyarakat Kabupaten Muba, khususnya Kota Sekayu dan sekitarnya, turut meramaikan malam zikir dan doa bersama, Kamis (29/9), sekaligus memperingati hari jadi ke-55 Bumi Serasan Sekate, sekaligus sebagai tanda syukur kepada Allah SWT atas terselenggaranya Pilkada Muba yang berjalan sukses. Acara dipimpin langsung Habib Mahdi dari Kota Palembang yang dihadiri Bupati Muba Pahri Azhari,calon Wakil Bupati Muba yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Muba Beni Hernedi,Ketua Pengajian Al Islam Serasan Sekate Hj Lucyanti Pahri,tokoh masyarakat dan agama,di antaranya H Madani Senen, Kolonel Purnawirawan Alimasyahwa, serta ratusan masyarakat.

Ketua Pengajian Al Islam Serasan Sekate Hj Lucianty berharap pelaksanaan zikir dan doa bersama membuat masyarakat Muba senantiasa dirahmati Allah SWT. ”Kita sebagai warga Muba bersyukur kepada Allah SWT karena telah melaksanakan pilkada yang aman, tenteram, dan lancar,” ujarnya. Sementara itu, Kepolisian Daerah Sumatera Selatan (Sumsel) belum menerima laporan tentang kejahatan pelanggaran pemilihan kepala daerah di Kabupaten Muba.

Karo Operasi Polda Sumsel Kombes Pol Fiandar di Palembang membenarkan, hingga kemarin belum ada laporan tentang kejahatan masalah pelanggaran pemilihan kepala daerah. Memang, laporan pelanggaran pemilu harus disampaikan kepada panitia pengawas pemilihan umum setempat. Namun, bila terjadi aksi kejahatan saat pelaksanaan pemilu, hal itu harus diselesaikan melalui aparat kepolisian. “Bila ada pelanggaran saat proses pilkada, pihaknya hanya melihat apakah itu merupakan aksi kejahatan. Bila sudah masuk pidana,akan diproses sesuai hukum berlaku.

Begitu juga masyarakat, harus menjaga situasi keamanan sehingga wilayah hukum Polda Sumsel semakin aman dan nyaman,”ujar dia. Sebelumnya Ketua Panwaslu Kabupaten Muba Ibrahim Hasan mengatakan, memang ada pelanggaran dalam proses pemilihan kepala daerah yang masuk ke Panwaslu. sierra syailendra/ant

sumber:http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/432188/

Tidak ada komentar: